Minggu, 21 Maret 2010

Meski 1% Muslim.. tapi mendapat simpati dari sang pemimpin

Presiden Irlandia Berterima Kasih pada Kaum Muslim

Kamis, 18 Maret 2010, 18:24 WIB (Republika Online)


DUBLIN--Presiden Irlandia, Mary McAleese, memuji kontribusi kaum Muslim di negaranya terhadap kehidupan sosial dan ekonomi. "Mereka sungguh merupakan duta bagi Islam. Mereka tak seperti yang digambarkan Barat," ujarnya, saat membuka forum "Islamic Awareness Week".

Seperti dilaporkan "The Irish Times", adalah penting untuk mengetahui kontribusi positif umat Islam di Irlandia. Menurutnya, banyak studi dan riset yang digagas para ilmuwan Muslim yang memperkaya khasanah keilmuan di negara itu. "Mereka membantu memajukan ilmu pengetahuan, kedokteran, dan penelitian, sehingga membantu perguruan tinggi kita untuk makin mendapat pengakuan di tingkat dunia," katanya.

Beberapa lembaga pendidikan tinggi di negara itu kini sohor sebagai lembaga pendidikan kelas dunia. Mahasiswanya datang dari berbagai penjuru dunia. "Saya pribadi menyatakan rasa terima kasih yang dalam, Anda (kaum Muslim, red) telah menjadi duta Islam dan duta Irlandia di Eropa," ujarnya.

Setiap tahun, asosiasi mahasiswa Islam mengorganisasi sebuah kegiatan bertajuk Islam Awareness Week (IAW) di universitas-universitas untuk meningkatkan kesadaran tentang Islam dan Muslim. "Forum semacam ini penting agar masyarakat kita tahu tentang diri mereka dan Islam," tambahnya. IAW, katanya, penting untuk membangun saling pengertian antara kaum Muslim dan non-Muslim.

Di Irlandia terdapat sedikitnya 50 ribu kaum Muslim, atau 1 persen dari populasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan ini terbuka, setelah selesai tulis komentar mohon mencantumkan nama dengan memilih Select Profile: Name/Url... lalu isi kotak Name dengan nama Anda, abaikan kotak URL bila belum punya.