Minggu, 11 April 2010

DOUBLE TRACK TNH ABANG - RANGKAS BTNG

Pemprov Banten Terus Dukung Pembangunan Double Track dan Kereta Rel Listrik

Serang, www.bantenprov.go.id - Pemerintah Provinsi Banten akan senantiasa mendukung pembangunan Jalur Ganda Kereta Api (double track) dan Kereta Rel Listrik yang ditargetkan tahun 2013 selesai dari Tanah Abang hingga Rangkasbitung (sepanjang 49,523 km). Hal ini ditegaskan Gubernur Banten Hj. Ratu Atut Chosiyah, SE. saat melakukan kunjungan kerja meninjau obyek perkeretaapian di Provinsi Banten bersama Dirjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan RI Ir. Tundjung Inderawan, M.Si. pada hari Selasa (23/3) yang dilakukan diatas kereta dinas / kereta inspeksi Wijaya Kusuma dari Stasiun Jurangmangu – Tangerang Selatan hingga Stasiun Cilegon.

Pemprov Banten dalam kaitan ini akan mendukung dalam bentuk pengurangan jumlah lintasan sebidang / pintu perlintasan liar atau tidak dijaga (bersama pemerintah kabupaten / kota), aksesibilitas dan integrasi antar moda pada stasiun – stasiun yang akan dibangun, sarana transportasi pendukung menuju stasiun dan pengembangan stasiun Rangkasbitung sebagai Bangunan Cagar Budaya.

Kerjasama pembangunan tersebut merupakan tindaklanjut dari rapat terbatas yang diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 2010 membahas Program Revitalisasi Perkeretaapian yang saat itu dipimpin Wakil Presiden Boediono dan dihadiri Menteri Perhubungan RI, Gubernur DKI Jakarta , Gubernur Jawa Barat, Gubernur Banten, Dirjen Perkeretaapoian dan Dirut PT Kereta Api (Persero) serta Dirut PT Kereta Commuter Jabodetabek.

Jalur Kereta api Tanah Abang – Serpong – Parung Panjang – Maja merupakan salah satu jalur yang sangat padat di wilayah Jabodetabek dan merupakan jalur yang sangat diandalkan masyarakat Banten untuk ulang alik ke ibukota Jakarta melalui transportasi kereta api.

Pembangunan jalur ganda Serpong – Parung Panjang – Maja dimaksudkan untuk menjamin keselamatan, keandalan perjalanan kereta api, meningkatkan kapasitas lintas, mempersingkat waktu tempuh serta meningkatkan pelayanan kereta api.

Pada tahun 2007 telah diselesaikan pembangunan jalur ganda KA Tanah Abang – Serpong sepanjang 24 kilometer dan tahun 2009 diselesaikan pembangunan elektrifikasi Listrik Aliran Atas lintas Serpong – Parung Panjang. Dengan demikian KRL sudah dapat dioperasikan sampai Parung Panjang, sementara elektrifikasi LAA telah dilakukan sampai Maja. Pada tahun 2010 akan dilaksanakan pembangunan jalur ganda Serpong – Parung Panjang – Maja.

Dalam rangka meningkatkan angkutan KA Barang dan Petikemas telah disiapkan design jalan KA antara Tonjong / Cilegon – Pelabuhan Bojonegara sepanjang 25 kilometer sehubungan dengan rencana pembangunan Pelabuhan Internasional Bojonegara.

Sumber : Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Banten

7 komentar:

  1. ijin nyimak info nya gan
    keren nih, menarik dan bermanfaat sekali
    thanks ya, sukses terus

    BalasHapus
  2. menarik banget info nya gan
    terimakasih sudah berbagi info nya

    BalasHapus
  3. senang sekali bisa berkunjung ke blog anda
    blog dan artikel yang saya baca menarik sekali
    terimakasih info nya
    terus berkreasi gan

    BalasHapus
  4. informasi yang sangat menarik dan bermanfaat nih gan
    senang bisa berkunjung ke blog anda
    terimakasih banyak

    BalasHapus
  5. senang bisa berkunjung ke bloga anda, infonya sangat mernarik dan bermanfaat
    terimakasih, sukses terus

    BalasHapus
  6. info yang luar biasa, menarik sekali dan bermanfaat nih
    di tunggu info selanjutnya gan
    terimakasih

    BalasHapus

pesan ini terbuka, setelah selesai tulis komentar mohon mencantumkan nama dengan memilih Select Profile: Name/Url... lalu isi kotak Name dengan nama Anda, abaikan kotak URL bila belum punya.