Minggu, 02 Mei 2010

metoer yang menyambangi duren sawit ...

Lapan Observasi Lokasi Jatuhnya Meteor





Jakarta, Lapan.go.id, Jumat (30/4), Lapan mengobservasi lokasi tempat yang diduga jatuhnya meteor di Duren Sawit, Jakarta Timur. Observasi dilaksanakan setelah ada kesimpulan dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Kepolisian bahwa kerusakan rumah bukan diakibatkan bom, melainkan tumbukan antariksa.

Setelah memperoleh kesimpulan tersebut, Lapan mengirim tiga peneliti di bidang astronomi. Peneliti tersebut yaitu Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, Abdul Rahman, dan Neflia.

Dari hasil analisis lokasi, menurut Thomas, sangat mungkin adanya indikasi ledakan meteorit. “Dari sifat-sifatnya, itu memang meteorit,” katanya. Ia menduga, meteorit jatuh dari arah tenggara kemudian menumbuk dinding barat rumah utama. Panas akibat meteorit tersebut menyebar di ruang tengah dan membakar beberapa barang. “Tekanan panas juga melontarkan genteng rumah tersebut,” ujar Thomas.

Tumbukan meteorit ini juga merobohkan tembok belakang di lantai atas rumah itu. Thomas menjelaskan, kemungkinan pecahan meteorit tersebut masuk ke dalam genteng rumah yang ada di belakang rumah utama.

Sebelum observasi Lapan, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) telah menyisir lokasi tersebut. Hasilnya, tidak ada radiasi atau racun di tempat kejadian. Thomas memaparkan, meteorit tidak beracun dan tidak menghasilkan radiasi.

Thomas mengatakan, Lapan akan berkoordinasi dengan Puslabfor untuk analisis lebih lanjut. Selain itu, Lapan bersama Puslabfor saat ini perlu meneliti lebih lanjut di sekitar reruntuhan rumah belakang. Hal ini disebabkan, ada dugaan meteorit jatuh di rumah itu.

Peneliti Lapan tersebut menjelaskan, meteorit berbentuk batu berwarna hitam pekat. Warna hitam akibat terbakarnya meteorit saat memasuki atmosfer bumi. Hingga Jumat (30/4) malam, meteorit tersebut belum ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan ini terbuka, setelah selesai tulis komentar mohon mencantumkan nama dengan memilih Select Profile: Name/Url... lalu isi kotak Name dengan nama Anda, abaikan kotak URL bila belum punya.