Kamis, 16 April 2009

Dikti Menggelontorkan Beasiswa ...

Mendengar dari teman yang dosen di perguruan tinggi swasta tentang pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, jadi teringat generasi muda daun hijau yang bertanya tentang kuliah tetapi biayanya tidak ada / kurang... Berikut saya posting sebagian artikel dikti dan bisa diklik untuk informasi lebih lanjut ..... 

Memperhatikan Program prioritas nasional diatas, maka program kemahasiswaan menjadi perhatian terpenting sesuai dengan komitment bapak Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. Dr. Fasli Jalal, Ph.D, bahwa mahasiswa adalah penentu terpenting dari sukses atau tidaknya suatu perguruan tinggi. sesuai dengan amanah Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab V pasal 12 ayat (1.c); PP No. 48 tahun 2008 tentang pendanaan pendidikan; dan Undang-Undang No.9 tahun 2009 tentang BHP, bab VI pasal 46 ayat (2), maka pemerintah mengalokasikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang orang tuanya tidak mampu membayar biaya pendidikan. 

Alokasi beasiswa bagi mahasiswa pada tahun 2009 diberikan dalam beberapa jenis beasiswa. Pertama Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) dengan jumlah total (dalam Rp jutaan), yaitu 321.100. kedua, Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM) dengan jumlah total 350.000. ketiga, Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dengan jumlah total 260.000. keempat, Beasiswa Bantuan Mahasiswa Unggulan (BMU) denga jumlah total 5.000. keseluruahan berjumlah 936.100, mendekati angka satu triliun. 

Dikti juga menfasilitasi program Penalaran Mahasiswa dan Program Kreatifitas Mahasiswa. program Penalaran Mahasiswa seperti Kompetisi Karya Tulis Ilmiah, Debat Bahasa Inggris, Oliampiade Internasional, Kompetisi Karya tulis bidang Seni, Kompetisi Karya Tulis Sikap Kritis, Kompetisi Peningkatan Kependulian Sosial, Kompetisi Mahasiswa Berprestasi, dan pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Sementara itu, Program Kreatifitas Mahasiswa seperti Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS), Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), Kontes Jembatan Indonesia (KJI), Pagelaran Mahasiswa Tingkat Nasional bidang Informasi dan Telekomunikasi (GEMASTIK), dan Kontes Roket. Selengkapnya .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan ini terbuka, setelah selesai tulis komentar mohon mencantumkan nama dengan memilih Select Profile: Name/Url... lalu isi kotak Name dengan nama Anda, abaikan kotak URL bila belum punya.