Jumat, 12 Maret 2010

proyek bribin - gunung kidul melimpah air meski kemarau

Peresmian Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum di Propinsi di D.I Yogyakarta

Yogyakarta (11/03/2010) Bertempat di Pendopo Kabupaten Gunung Kidul, Kota Wonosari telah dilaksanakan Peresmian Infrastruktur Kementerian PU antara lain infrastruktur di Embung Tambakboyo, Kab. Sleman, Bendung Sapon, Kab. Kulon Progo, DAM Pengendali Sedimen Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak, Kab. Sleman, dan bendung Bawah Tanah Bribin, semuanya terletak di Prop. Di. Yogyakarta. Khusus Bendung Bawah Tanah Bribin merupakan proyek kerja sama antara BATAN, D.i. Yogyakarta dan Jerman.Acara yang dibuka oleh Menteri Pekerjaan Umum RI Joko Kirmanto dihadiri oleh Kepala BATAN, Kepala BAPETEN, Gubernur D.I. Yogyakarta, dan pihak Universitas Karlsruhe Jerman.

"Pengelolaan sumber daya air di Indonesia akan dialami oleh generasi yang akan datang kian berat, apabila kita tidak memberikan perhatian lebih dari pada yang pernah kita lakukan sebelumnya. Beberapa saat lagi kita akan menyaksikan bersama-sama peresmian pemanfaatan proyek penyediaan air baku Bribin, suatu proyek percontohan hasil kerja sama pemerintah Indonesia dan jerman dalam mengembangkan penyediaan air baku di daerah kapur Gunung kidul yang selama bertahun-tahun sulit mendapatkan pasokan air bersih", kata Joko.

Selanjutnya,"melalui proyek ini masyarakat di Kabupaten Gunung Kidul yang selama ini dikenal selalu mengalami kesulitan air di musim kemarau bahkan terbantu dengan adanya proyek ini.Pada kesempatan yang baik ini kami ingin menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas berhasil diselesaikannya dan dimanfaatkannya instalasi ini, dan saya berharap dapat ditularkan ke wilayah-wilayah lain di Indonesia yang kebetulan memiliki karateristik permasalahan geologis yang sama.

Sementara Gubernur DI. Ygoyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono XI mengatakan, "saya atas nama pemerintah daerah maupun segenap warga masyarakat khususnya Gunung Kidul menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Jerman, pemerintah Indonesia, baik Kementerian Pekerjaan Umum maupun BATAN, juga Universitas Karlsruhe Jerman, yang telah bisa menyelesaikan proyek Bribin, proyek yang bermanfaat bagi warga masyarakat Gunung Kidul. Ini adalah suatu peristiwa pemanfaatan air dari goa yang pertama kali di dunia, harapan saya lebih lanjut pemerintah Jerman dan pemerintah Indonesia bisa mengambil manfaat yang sebesar-besarnya di dalam pemahaman ilmu pengetahuan dan teknologi dan teknologi memanfaatkan air maupun manajemen air dalam gua.

Bendung bawah tanah Bribin yang berlokasi di Dusun Sindon, Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu, Kab. Gunung Kidul Prop. D.I. Yogyakarta juga digunakan juga sebagai Laboratorium Karst.Selama ini Kab. Gunung Kidul merupakan daerah yang mempunyai masalah kelangkaan air di musim kemarau.(ns)

foto lainnya:

17 komentar:

  1. ijin nyimak info nya gan
    keren nih, menarik dan bermanfaat sekali
    thanks ya, sukses terus

    BalasHapus
  2. menarik banget info nya gan
    terimakasih sudah berbagi info nya

    BalasHapus
  3. senang sekali bisa berkunjung ke blog anda
    blog dan artikel yang saya baca menarik sekali
    terimakasih info nya
    terus berkreasi gan

    BalasHapus
  4. informasi yang sangat menarik dan bermanfaat nih gan
    senang bisa berkunjung ke blog anda
    terimakasih banyak

    BalasHapus
  5. senang bisa berkunjung ke bloga anda, infonya sangat mernarik dan bermanfaat
    terimakasih, sukses terus

    BalasHapus
  6. info yang luar biasa, menarik sekali dan bermanfaat nih
    di tunggu info selanjutnya gan
    terimakasih

    BalasHapus
  7. mantap gan info nya
    dan sangat menarik sekali
    ditunggu update nya

    BalasHapus
  8. thanks gan infonya menarik sekali dan bermanfaat
    update terus info menarik lainnya semoga sukses terus

    BalasHapus
  9. nice post
    info nya menarik dan bermanfaat sekali
    terima kasih banyak

    BalasHapus
  10. terimakasih atas informasinya
    di tunggu postingan selanjutnya

    BalasHapus
  11. mantap gan info nya bagus sekali saya suka dengan info nya

    BalasHapus
  12. terimakasih atas infonya
    di tunggu info selanjutnya

    BalasHapus
  13. terimakasih atas informasinya
    sukses terus ,
    di tunggu info-info terbarunya

    BalasHapus
  14. terimakasih atas informasinya
    di tunggu informasi selanjutnya

    BalasHapus
  15. mantap info nya gan sering sering update
    terimakasih

    BalasHapus
  16. thanks udah share info nya
    salam kenalgan terimakasih

    BalasHapus

pesan ini terbuka, setelah selesai tulis komentar mohon mencantumkan nama dengan memilih Select Profile: Name/Url... lalu isi kotak Name dengan nama Anda, abaikan kotak URL bila belum punya.